Sabtu, 24 Maret 2012

PERANCANGAN SISTEM CCTV


DISUSUN OLEH:

MAS BAGUS TNT

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIKA
UPT SMK NEGERI 1 GRATI
  2011

PENGERTIAN CCTV DAN SEJARAHNYA



Arti CCTV
CCTV singkatan untuk televisi sirkuit tertutup. Jadi, pengertian CCTV ini berbeda dari televisi anda menonton sabun favorit Anda pada karena tidak menyiarkan sinyal kepada publik. Sebaliknya ia mengirimkan foto dari kamera video ke monitor baik melalui kabel, pemancar nirkabel atau melalui internet. Gambar ini dapat direkam dan disimpan pada disk.
Sejarah Tentang CCTV
Salah satu kegunaan CCTV besar pertama di tahun 1940-an oleh Militer AS. Untuk menguji misil V2 kamera sirkuit tertutup digunakan untuk memonitor tes keselamatan. Teknologi ini menguntungkan karena pengertian CCTV memungkinkan petugas untuk menonton erat, melihat keluar untuk cacat dan kemungkinan masalah sementara tinggal keluar dari bahaya. Tanpa masalah CCTV dengan rudal mungkin telah pergi tanpa diketahui.
Di Inggris pada 1960-an CCTV dipasang di beberapa tempat umum untuk mengamati kerumunan selama pawai dan rapat umum. Sebagai teknologi yang berkembang dan menjadi CCTV berteknologi tinggi lebih banyak digunakan di tempat umum untuk memonitor aktivitas. Selanjutnya menggunakan termasuk mencegah pencurian dari outlet ritel.
Menggunakan Utama
Berdasarkan pengertian CCTV di atas, CCTV banyak digunakan untuk memantau area publik seperti stasiun kereta api, jalan, alun-alun pusat kota, toko-toko dan bus. Namun, tidak berhenti di tempat umum karena banyak orang yang sekarang berinvestasi dalam CCTV untuk melindungi rumah mereka. Dengan 9,5 juta kejahatan di Inggris dan Wales tahun lalu jelas untuk melihat mengapa CCTV sangat penting.
CCTV adalah pencegah kejahatan besar sebagai pelaku tahu ini lebih besar kemungkinan mereka akan diidentifikasi. Daerah yang kurang atau tidak ada CCTV mungkin akan lebih berisiko kejahatan karena hal ini. Jika kehadiran CCTV tidak menghalangi pelaku maka diharapkan akan menangkap informasi yang cukup untuk membantu dengan penyelidikan polisi.
Sesuai dengan arti CCTV, untuk bisnis CCTV dapat bertindak sebagai pencegah dari pencuri eksternal namun juga dapat membantu mengidentifikasi penjahat dalam sebuah organisasi. Untuk manajer dan pemilik usaha CCTV dapat memberikan informasi bermanfaat tentang cara efektif karyawan Anda bekerja. Hal ini dapat membantu melindungi staf Anda tidak salah dituduh misalnya jika nasabah klaim mereka telah kehilangan-dijual produk, dan juga dapat melindungi perusahaan dari tuduhan palsu misalnya penukaran cedera.

PERALATAN CCTV
Untuk membuat sebuah sistem CCTV sederhana terlebih dahulu anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini peralatan atau material yang diperlukan :
1. BNC (Bayonet Neill Concelman) connector adalah tipe konektor RF yang pada umumnya dipasang pada ujung kabel coaxial, sebagai penghubung
dengan kamera CCTV dan alat perekam (DVR) maupun secara langsung ke monitor CCTV.

Konektor BNC
2. Kabel Coaxial merupakan sebuah jenis kabel yang biasa digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor. Ada beberapa
tipe kabel coaxial yaitu : RG-59, RG-6 dan RG-11. Penggolongannya berdasarkan diameter kabel dan jarak maksimum yang direkomendasikan
untuk instalasi kabel tersebut. Lihat tabel dibawah


Gambar Penampang kabel Coaxial
3. Peralatan untuk Crimp kabel coaxial digunakan sebagai alat bantu untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.
Tang Crimping
3. Kabel Power digunakan untuk memasok tegangan AC (searah) 220 V ke adaptor atau power supply kamera CCTV. Biasanya tipe kabel power yang
digunakan adalah NYA (2×1,5mm) maupun NYM (3×2,5mm). Instalasi kabel power ini sebaiknya juga menggunakan pipa high impact conduit.
4. Adaptor dan power supply merupakan perangkat yang menyuplai tegangan kerja ke kamera CCTV, pada umumnya tegangan yang digunakan yaitu 12 Volt DC. Namun adapula yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) maupun 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis atau tipe kamera yang
digunakan.


5. DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah media penyimpan hasil rekaman video yang telah terpantau oleh kamera CCTV. Besar kecilnya
kapasitas penyimpanan hasil rekaman tergantung pada harddisk yang terpasang (pada umumnya 160 Gygabyte, namun adapula yang diupgrade hingga 1 Terabyte). Hasil rekaman video tersebut ada yang berformat QCIF, MPEG-4 dan avi. Dan biasanya input DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel kamera.

Gambar DVR
6. Monitor CCTV ada yang masih menggunakan tabung CRT dan adapula yang menggunakan LCD. Monitor tersebut dapat menampilkan keseluruhan
gambar dari kamera sesuai inputan ke DVR maupun Multiplexser. Tampilan kamera-kamera dapat dilihat pada monitor dengan pembagian yang berbeda
(satu tampilan kamera, matrik 2×2, matrik 3×3 dan matrik 4×4).

Gambar Monitor CCTV
Setelah anda mengetahui peralatan atau material yang telah disebutkan, di bawah ini merupakan gambaran sistemnya.

MACAM MACAM CCTV
 Berdasarkan tipenya Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi beberapa type yaitu kamera Fixed Dome, kamera IP, kamera wireless dan kamera PTZ (Pan/Tilt/zoom).Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda. Jika anda membutuhkan sebuah kamera yang perlu diperhatikan adalah mempelajari spesifikasi kamera CCTV sebelum membeli. Biasanya spesifikasi yang diberikan berupa format lensa CCD (Charge Coupled Device) yang memiliki ukuran tipikal (1/2″, 1/3″dan 1/4″), TV Lines yang berkaitan dengan resolusi gambar, LUX yang berkaitan dengan kesensitifan kamera terhadap cahaya,Varifocal lens yang berkaitan dengan pegaturan sudut/jarak pandang kamera dan bisa diatur secara manual, indoor, outdoor, dan lain-lain.
Jenis Kamera CCTV
*      Kamera CCTV juga dapat dibedakan berdasarkan jenis output, lokasi penempatan, waktu penggunaan, mekanisme control, dan resolusi. Mengacu pada jenis output, Kamera CCTV dapat digolongkan menjadi Analog dan Digital.
  • Camera CCTV Analog yaitu kamera yang mengirimkan continuous streaming video melalui Kabel Coaxial
  • Camera CCTV Digital yaitu kamera yang  mengirimkan discrete streaming video melalui Kabel UTP. Camera CCTV Digital umumnya dilengkapi dengan IP Address sehingga sering pula dikenal sebagai IP (Network) Camera. Dengan adanya IP, kamera bisa dapat langsung diakses melalui jaringan LAN/WAN tanpa harus menggunakan tambahan converter.
*      Berdasarkan lokasi penempatan, Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi indoor dan outdoor camera.
  • Indoor Camera adalah kamera yang ditempatkan di dalam gedung, umumnya berupa Dome (Ceiling) Camera, Standard Box Camera.
  • Outdoor Calera adalah kamera yang ditempatkan di luar gedung dan memiliki casing yang dapat melindungi kamera terhadap hujan, debu, maupun temperatur yang extreme. Umumnya berupa Bullets camera yang telah dilengkapi dengan Infra Red Led (Infra Red Kamera). Disamping outdoor camera, standard box camera juga sering kali ditempatkan di luar dengan menggunakan tambahan Outdoor Housing.

*      Waktu Penggunaan merupakan faktor yang penting diperhatikan saat memilih Kamera CCTV. Kemampuan Kamera CCTV untuk dapat menangkap gambar pada pencahayaan minimum dinyatakan sebagai minimum lux, yaitu minimum satuan cahaya (lux) yang diperlukan Kamera CCTV agar dapat menangkap obyek. Secara umum terdapat 2 jenis kamera cctv berdasarkan waktu penggunaan (minimum lux):
  • Standard Day Camera CCTV yaitu kamera yang digunakan untuk memonitor ruang yang memiliki tingkat penerangan cukup baik secara konsisten (di atas 0.5 lux)
  • Day-Night Camera CCTV yaitu kamera yang digunakan untuk memonitor ruang yang memiliki tingkat penerangan kurang (di bawah 0.5 lux terus menerus ataupun sebagian waktu)
*      Mekanisme control pada kamera cctv memungkinkan pengguna menggerakkan sudut pandang kamera secara vertical, horizontal, maupun mengatur jarak pandang (focus). Berdasarkan mekanisme kontrol ini kamera dapat dibagi menjadi:
  • Motorized Camera CCTV yaitu kamera yang dilengkapi dengan motor untuk menggerakan sudut pandang ataupun focus secara remote. Motorized kamera meliputi beberapa jenis kamera seperti: zoom camera dan speed dome camera
  • Fixed Camera CCTV yaitu kamera yang sudut pandang dan fokusnya harus disetting secara manual pada saat instalasi.
*      Faktor lain yang juga sangat penting dalam menentukan kamera cctv adalah resolusi kamera. Resolusi ini dinyatakan dalam jumlah TV Lines (TVL), semakin besar jumlah TVL maka akan semakin tinggi resolusi kamera yang bersangkutan. Kamera yang memiliki resolusi yang semakin tinggi akan menghasilkan gambar yang semakin tajam. Namun kamera beresolusi tinggi juga membutuhkan monitor dengan resolusi tinggi untuk dapat menampilkan gambar yang ditangkap oleh kamera secara utuh. Berdasarkan resolusinya kamera dapat dibedakan menjadi 3 jenis:
  • High Resolution: kamera yang memiliki resolusi di atas 480 TVL
  • Standard Resolution: kamera yang memiliki resolusi 380 – 480 TVL
  • Low Resolution: kamera yang memiliki resolusi dibawah 380 TVL



 

Tips Pemasangan Kamera CCTV

Tidak perlu bingung tentang cara pemasangan kamera CCTV. Berikut ada beberapa tips dan pertimbangan untuk pasang kamera CCTV. Semoga bisa membantu Anda.
Sehingga Anda memilikinya di kepala Anda untuk mendapatkan kamera keamanan untuk melindungi rumah Anda atau bisnis. Pemasangan kamera CCTV Kedengarannya seperti ide bagus, namun sangat penting Anda pertama kali meluangkan waktu dan mempertimbangkan bagaimana Anda berencana untuk mounting dan perumahan kamera keamanan Anda. Kemungkinan besar ketika Anda membeli kamera keamanan Anda akan datang dengan solusi pasang kamera CCTV sederhana yang akan mengharuskan Anda untuk me-mount baik berdiri pada permukaan yang datar, atau Anda harus sekrup lubang ke dinding dan sudut mount ke arah apa yang Anda inginkan kamera untuk melihat.
Hal ini dapat menjadi solusi yang baik bagi banyak orang dan mereka mungkin tidak perlu berpikir lebih jauh lagi, namun orang-orang dengan berbagai kondisi mungkin ingin untuk mempertimbangkan beberapa kemungkinan pemasangan kamera CCTV sebagai berikut.
Kondisi lingkungan
Apa jenis lingkungan Anda berencana untuk perumahan atau pemasangan kamera di? Apakah akan di dalam ruangan atau di luar ruangan? Apakah ada kemungkinan kamera yang dirusak? Pertimbangan-pertimbangan ini dapat mengarah ke apakah Anda ingin bukti perusak solusi perumahan atau mungkin unit perumahan dengan fitur seperti pemanas dan blower untuk bertahan elemen cuaca di luar.

Mount Permukaan
Unsur lain yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan tentang bagaimana pemasangan kamera CCTV Anda adalah jenis permukaan mounting untuk Anda. Untuk banyak orang mereka tidak memiliki masalah pengeboran lubang sekrup pasangan ke dinding mereka untuk me-mount kamera keamanan mereka. Dalam beberapa kasus namun hal ini tidak mungkin untuk tempat-tempat yang mungkin untuk me-mount ke permukaan seperti logam, bata, dll. Hal ini pada titik ini bahwa mount standar memiliki masalah melakukan dan mount SMC magnetik atau dua sisi tongkat CCTV mount (G-MONMT) mungkin perlu ditemukan sebagai alternatif.

Pan / Tilt Kemungkinan
Kadang-kadang kemampuan untuk panci dan kemiringan kamera Anda mungkin fitur yang sangat penting dan ini dapat mengarah ke beberapa kamera keamanan yang sangat mahal. Ada alternatif pemasangan kamera CCTV Namun untuk membeli kamera jenis yang normal CS mount dan kemudian membeli sistem Pan / Tilt pemasangan. Hal ini dapat menyimpan banyak uang pada waktu dan masih menyediakan Anda dengan kemampuan untuk mengubah sudut kamera Anda on the fly.

Sudut / Posisi
Terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah di mana Anda berencana untuk pasang kamera CCTV Anda. Sederhananya Anda perlu me-mount untuk mengamankan kamera ke langit-langit, dinding, berdiri tegak struktur, dll.? Ini merupakan pertanyaan penting untuk mengetahui jawabannya sebagai kadang-kadang dapat menentukan apakah gunung tertentu akan sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat me-mount cara Anda ingin mereka.

Dengan meluangkan waktu untuk mempertimbangkan situasi pemasangan kamera CCTV ini dan mounting / perumahan kemungkinan Anda dapat menyimpan sendiri sakit kepala di jalan dan pastikan bahwa Anda siap untuk mendapatkan kamera keamanan Anda dan berjalan cepat dan efisien.

‘Perlengkapan CCTV’

Multiplexer – Mengawasi 8 & 16 Kamera cctv

Alternatif peralatan CCTV untuk Anda yang ingin melihat tayangan live dari kamera surveilans. Multiplexer bisa membagi layar TV dan menampilkan video CCTV dari 8 dan 16 kamera. Multiplexer akan memudahkan pengawasan di banyak titik tanpa harus ganti channel kamera.
Display kamera bisa dipilih untuk menampilkan 8 / 16 kamera sekaligus, satu kamera saja, atau picture in picture (PiP). Mode PiP multiplexer bisa digunakan saat ingin mengawasi khusus dari 1 kamera fullscreen dan dari kamera lainnya secara preview / thumbnail. Multiplexer CCTV ini dilengkapi dengan fungsi alarm jika terjadi video loss. Buzzer akan berbunyi kalau kabel video terputus atau sengaja dirusak sehingga sinyal video hilang.
Peralatan CCTV ini punya fitur on screen display menu yang dapat memudahkan pengaturan multiplexer sesuai kebutuhan. Dilengk`pi dengan remote control untuk mengganti dan memilih menu. Tersedia 2 pilihan multiplexer.
Multiplexer CCTV 4 Channel
 
- Power 12 VDC
- 4 video input & 1 video output
- Tersedia juga 1 Video Output lagi, namun tampilan selalu terpetak/terbagi 4
- On Screen Display (OSD) Menu
- PIP option
- Video loss alarm
- IR Remote Control
- Koneksi jalur video BNC (OPTIONAL: Konektor BNC)
Harga Multiplexer 4 Channel Rp 700.000
Garansi 1 tahun
Berat pengiriman 2 kg
Multiplexer CCTV 8 Channel
Spesifikasi:
- 8 video input & 1 video output
- 4 audio input & 2 audio output (output audio bisa dipilih dengan mengklik tombol kamera / channel yang diinginkan)
- On Screen Display (OSD) Menu
- Display Picture in Picture (PiP)
- Video loss alarm
- Remote control
- Power: 12 VDC
- Koneksi jalur video: BNC (OPTIONAL: Konektor BNC)

Harga Multiplexer 8 Channel Rp 1.000.000
Garansi 1 tahun
Berat pengiriman 2 kg

Multiplexer CCTV 16 Channel
Spesifikasi:
- Video Input & Output
- Tidak ada audio input/output
- On Screen Display (OSD) Menu
- Display Picture in Picture (PiP)
- Video loss alarm
- Remote control
- Power 12 VDC
- Ukuran: 299 (L) x 189 (W) x 43 (H) mm
- Koneksi jalur video: BNC (OPTIONAL: Konektor BNC)

Harga Multiplexer 16 Channel Rp 2.000.000
Garansi 1 tahun
Berat pengiriman 3 kg

Konektor BNC – Perlengkapan Menyambung Kabel
.
Jenis konektor bergantung pada jenis kabel yang dipakai. Konektor coaxial untuk mempermudah instalasi dengan kabel koaksial dan konektor RCA untuk kabel RCA.
Konektor BNC utk memudahkan instalasi kabel CCTV. Tentukan jenis kabel yg akan dipakai dan beli sekalian konektornya. Pemasangannya mudah, tidak perlu solder.
Catatan: Klik gambar untuk memperbesar.
Konektor BNC ke RCA
(BNC Male – RCA Female)Untuk mengubah konektor BNC menjadi RCA yang lebih umum dipakai.
Harga Rp 5.000
Konektor RCA Join-H
Dipakai untuk menyambung kabel RCA (kabel 3 jalur).
Harga Rp 5.000
join drat

rca drat
bnc drat
Konektor BNC Drat, RCA Drat, dan Join Drat
Konektor coaxial ini dirancang khusus untuk kabel coaxial tipe RG-6. Cara pasangnya cukup menggunakan gunting atau pisau cutter. Konektor ini bisa mengubah BNC ke RCA dan dapat dipakai untuk menyambung kabel.
Harga BNC Drat Rp 7.000
Harga RCA Drat Rp 7.000
Harga Join Drat Rp 7.000
Konektor Power DC Male-Female
Dipakai untuk kabel adaptor bawaan kamera CCTV agar tidak terpotong. Konektor ini dijual sepasang (male-female).
Harga Rp 12.500 (sepasang)

Penangkal Petir CCTV – Kamera & DVR Tetap Aman Meski Hujan

Penangkal petir DVR mampu menyalurkan petir ke tanah melalui kabel spiral. Arus petir maksimal yang bisa disalurkan sebesar 10 KA (Imax). Pengamanan ekstra ini bisa membuat Anda lebih tenang mengaktifkan sistem keamanan meskipun saat hujan deras.
Spesifikasi:
- Un: 5V
- Imax: 10 KA
- Ukuran: 25 x 25 x 54 mm

Penangkal petir CCTV mengamankan kamera dan DVR dari sambaran petir. Mampu menyalurkan arus petir maksimal 10 KA ke tanah. Sistem kamera tetap aktif meski hujan.
Harga Rp 160.000

CCTV Microphone untuk Kamera CCTV Indoor & Outdoor

Beberapa kamera keamanan belum suport audio CCTV. Fitur mic internal penting untuk mendengarkan percakapan yang terjadi. Pakai CCTV microphone untuk melengkapi sistem kamera CCTV. Harganya murah dan mudah dipasang dengan konektor RCA.
CCTV sound eksternal efektif untuk area seluas 5 – 150 meter persegi. Pas untuk dipadukan dengan kamera jenis apa pun yang punya port audio in untuk pengawasan indoor maupun outdoor.
Spesifikasi:
- Power supply: DC 9 V – 12 V
- Current consumtion: 10mA – 12mA
- Frekuensi: 200Hz – 10 KHz
- Output impedance: 600 ohm
- Output level: 0 – 6 Vpp
- Monitor Area: 5 – 150 meter persegi

CCTV microphone bisa diletakkan agak jauh dari kamera. Pilih spot yang paling pas untuk menangkap suara di seluruh ruangan yang dipantau. Power audio CCTV langsung dari listrik.
CCTV microphone utk melengkapi kamera yg belum punya mic internal. Efektif utk area 5-150 meter persegi. Cocok utk kamera tipe apa pun yg punya audio in.
Harga Audio CCTV Rp 130.000
ideo Sender 2.4 GHz – Ubah CCTV Kabel Jadi Wireless
Memasang kamera CCTV dengan kabel yang panjang memang merepotkan. Sekarang ada cara praktis untuk menjadikan CCTV kabel menjadi wireless. Pakai saja video sender untuk melengkapi instalasi sistem keamanan Anda.

Video sender (av sender) ini menggunakan frekuensi 2,4 GHz yang bisa menembus tembok. Kualitas gambar dan suara tetap prima. Selain itu, alat ini bisa mentransmisi video CCTV hingga jarak 400 meter. Memudahkan pengawasan karyawan dan kegiatan di area yang luas seperti kantor, pabrik, dan gudang.
Ternyata av sender bisa juga dipakai untuk membagi tayangan televisi kabel. Cukup sambungkan decoder tv kabel ke video sender. Anda bisa menikmati dan berbagi tayangan menarik dengan keluarga dari ruangan yang berbeda dan menghemat biaya pemasangan kabel paralel yang permanen.
Toko kami men jual video sender dengan beberapa pilihan jangkauan pengawasan:


Video Sender 2.4GHz untuk Jarak 30-120 meter
Fitur:
- Transmitter memancarkan 1 sinyal video dan 2 sinyal audio
- Receiver menerima 1 sinyal video dan 2 sinyal audio.
- Frekuensi pada transmitter dan receiver bisa menggunakan switch yang tersedia, ada 4 pilihan frekuensi / channel. Pada satu area maksimal bisa memakai 4 set saja.
- Frekuensi transmitter tidak bisa ditangkap oleh TV maupun wireless LAN (wifi).
- Perangkat Video Sender 2.4 GHz 2W bisa dipasangkan dengan Video Sender 2.4 GHz 3W karena memakai frekuensi yang sama.
Spesifikasi:
- Jangkauan: 30 – 120 m (100 – 400 feet)
- Pilihan 4 channel
- Frekuensi receiver: 2411 / 2431 / 2451 / 2471 MHz
- Jangkauan transmisi bergantung kondisi lingkungan
- Transmitter input: RCA Video-in + Audio-in R/L
- Receiver Output: RCA Video-out + Audio-out R/L
- Gelombang mikro yang anti-gangguan
- Audio sangat bagus & video collection
- Perfoma maksimal dengan FM Modulation
- Daya: 2W
- Power: DC 9.5V – 500mA
Isi paket:
- 1 transmitter
- 1 receiver
- 2 adaptor
Harga Rp 775.000

Lampu Infra Merah, Memperjauh Jarak Pandang Kamera Pengawas

Sistem keamanan CCTV sudah umum dipasang di berbagai tempat, baik umum maupun pribadi. Meskipun begitu, kamera yang merelay gambar dengan jelas dan tajam di siang hari, kualitas gambar saat malam mungkin akan sedikit menurun. Hal itu dapat disebabkan karena cahaya di sekitarnya kurang terang. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan lampu infra merah.
Cahaya lampu infra merah ini tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Berfungsi untuk membantu kamera menangkap gambar yang lebih tajam. Selain bisa mempertajam hasil gambar, lampu infrared juga bisa meningkatkan jarak pandang kamera. Sangat menguntungkan untuk mendukung sistem pengawasan di ruangan yang luas.
Lampu infrared ini bisa dipasang indoor maupun outdoor. Dengan bantuan lampu ini, Anda bisa menempatkan kamera di sudut-sudut terjauh yang diinginkan.
Tingkatkan sistem keamanan CCTV dengan lampu infrared. Jarak pandang kamera lebih jauh dan kualitas gambar lebih tajam saat kondisi kurang cahaya. Bisa dipasang di perusahaan, lokasi usaha, markas kepolisian dan militer, kediaman pribadi.
Lampu infrared cocok dipakai untuk:
- Gudang. Mempertajam hasil gambar dari kamera saat gelap / cahaya redup.
- Rumah walet. Pengawasan aktivitas walet dapat dilakukan dengan lebih leluasa dan tidak membuat walet terganggu.
- Outdoor. Memperjauh jangkauan pandang kamera sehingga bisa mengawasi area yang lebih luas.
- Penunjang pengintaian. Membantu saat penggerebekan malam hari, dengan melihat situasi melalui bantuan kamera.

Lampu infra merah dapat memperjauh jarak pandang kamera dan mempertajam hasil gambar saat gelap. Cocok untuk penggunaan indoor dan outdoor.
Harga Lampu Infrared:
- Tipe 1: Jarak pandang 20 m Rp 450.000
- Tipe 2: Jarak pandang 60 m Rp 595.000

Video Splitter – Pantau CCTV dari Seluruh Penjuru Rumah

Anda yang memasang sistem CCTV mungkin menyediakan satu monitor khusus untuk pemantauan. Namun ada saatnya malas untuk menengok ke ruang kontrol dan ingin bisa memantaunya dari berbagai tempat, misalnya dari TV kamar atau ruang tamu. Tambahkan video splitter untuk membagi view dari satu kamera ke beberapa monitor.
Fitur Video Distributor:
- 1 input, 4 output. Video splitter bisa membagi view dari satu sumber video ke 4 monitor pantau di tempat yang berbeda. Praktis dipakai untuk pengawasan multipoint.

- Penguat Sinyal. Sebelum disalurkan ke 4 monitor berbeda, sinyal input yang masuk ke video distributor akan diperkuat terlebih dahulu. Hal ini akan menghindarkan Anda mendapatkan gambar yang tersendat atau buram.
- Video splitter bisa memperjauh jangkauan kabel hingga jarak 350 meter.
- Mentransmisikan ke 4 monitor secara real time.
Spesifikasi:
- Video Input: 1.0Vp-p/75 ohm
- Video Output: 1.0Vp-p/75 ohm
- Ukuran: 148 mm x 210 mm x 55 mm
- Jalur Video berkonektor BNC
*OPTIONAL: Konektor BNC.

Video splitter juga praktis digunakan di berbagai tempat dan oleh pihak yang perlu menayangkan video ke beberapa monitor secara bersamaan. Misalnya:
- Kafe, untuk menayangkan film dari DVD player ke layar LCD.
- Tempat kursus, untuk menayangkan video tutorial di beberapa ruang kelas berbeda.
- Penyelenggara pameran, untuk menyajikan info produk yang terdapat di pameran.
- Event organizer, untuk merelay tayangan live video dari handycam ke audiens. Misalnya saat pernikahan, konser atau seminar.

Harga Video Splitter Rp 350.000
Rotator CCTV untuk Dinding dan Langit-langit
Perlengkapan CCTV termasuk kabel, bracket, dan rotator CCTV. Rotator berguna untuk menggerakkan kamera ke kiri dan kanan secara otomatis. Berikut beberapa macam rotator yang bisa dipilih, ada yang dilengkapi dengan controller. Pemakaian rotator bisa meluaskan area pantau dan meminimalkan jumlah kamera. Pilih rotator yang sesuai dengan kameranya.
Tipe 1 – Indoor Rotator
- Angle: 350° (bisa disetting sesuai keinginan)
- Rotation Speed: 15° per second (+/- 3 rpm)
- Limit Stop: Externally adjustable
- Material: plastik (body)
- Power: 220 VAC
- Ukuran: diameter 7 cm
- Cocok untuk kamera berukuran kecil dengan berat <0.5 kg
- No controller
Harga Rotator CCTV Rp 220.000
Garansi 3 bulan
Berat kirim 1 kg
Tipe 2 – Indoor Rotator
- Angle: 350° (bisa disetting sesuai keinginan)
- Rotation Speed: 5° per second (+/- 1 rpm)
- Limit Stop: Externally adjustable
- Material: plastik (body), logam (dudukan)
- Power: 24 VAC (adaptor untuk power supply)
- Ukuran: diameter 6,5 cm
- Cocok untuk kamera berukuran kecil s/d sedang dengan berat <1 kg
- No controller
- Isi paket: rotator, bracket tembok, adaptor
Harga Rotator CCTV Rp 280.000
Garansi 3 bulan
Berat kirim 1 kg
Tipe 3 – Indoor Rotator
- Angle: 350° (bisa disetting sesuai keinginan)
- Rotation Speed: 5° per second (+/- 1 rpm)
- Limit Stop: Externally adjustable
- Material: plastik (body), logam (dudukan)
- Power: 220 VAC (adaptor untuk power supply)
- Ukuran: diameter 9,5 cm
- Cocok untuk kamera berukuran sedang s/d besar dengan berat <2 kg
- With controller
- Sambungan rotator ke controller pakai kabel telepon 4 jalur
Harga Rotator CCTV Rp 280.000
Garansi 3 bulan
Berat kirim 2 kg
Tipe 4 – Rotator Langit-langit
- Angle: 355° ke kanan-kiri (bisa disetting sesuai keinginan) dan 50° ke atas-bawah
- Rotation Speed: Pan 4.5° per second, Tilt 4° per second (+/- 1 rpm)
- Material: plastik (body), logam (dudukan)
- Power: 220 VAC (adaptor untuk power supply)
- Ukuran: diameter 18 cm, tinggi 14 cm, diameter pan 13 cm
- Cocok untuk kamera berukuran sedang s/d besar dengan berat <2 kg
- With controller
- Sambungan rotator ke controller pakai kabel telepon 6 jalur
Harga Rotator CCTV Rp 750.000
Garansi 1 bulan
Berat kirim 2 kg
Tipe 5 – Rotator Langit-langit
- Angle: 355° ke kanan-kiri (bisa disetting sesuai keinginan) dan 50° ke atas-bawah
- Rotation Speed: Pan 4.5° per second, Tilt 4° per second (+/- 1 rpm)
- Material: plastik (body), logam (dudukan)
- Power: 220 VAC (adaptor untuk power supply)
- Ukuran: 27 x 11.5 x 12 cm, diameter pan 13 cm
- Cocok untuk kamera berukuran sedang s/d besar dengan berat <2 kg
- With controller
- Sambungan rotator ke controller pakai kabel telepon 6 jalur
Harga Rotator CCTV Rp 800.000
Garansi 1 bulan
Berat kirim 2 kg
Tipe 6 – Pan Tilt Outdoor Rotator
- Angle: 350° ke kanan-kiri (bisa disetting sesuai keinginan) dan 50° ke atas-bawah
- Rotation Speed: Pan 4° per second, Tilt 2° per second (+/- 1 rpm)
- Material: plastik (body), logam (dudukan)
- Weatherproof
- Power: 220 VAC (adaptor untuk power supply)
- Ukuran: tinggi 24 cm, diameter pan 13 cm
- Cocok untuk kamera berukuran sedang s/d besar dengan berat <2 kg
- With controller
- Sambungan rotator ke controller pakai kabel telepon 6 jalur
Harga Rotator CCTV Rp 1.400.000

 

 

Cara Memasang CCTV

Pertama, cari spot yang bagus untuk menempatkan kamera CCTV. Kedua, sambungkan CCTV ke komputer. Cara memasang CCTV wireless lebih gampang daripada CCTV kabel. Kalau mau rekam, sambungkan CCTV ke alat perekam lewat DVR. Mulai konfigurasi sesuai keperluan Anda. Pilihlah peralatan CCTV Anda dengan hati-hati, jangan sampai tertipu.
Tidak sulit untuk menginstal sistem CCTV, selama Anda mengikuti petunjuk. Hanya ingat bahwa waktu instalasi dan usaha dapat bervariasi tergantung pada sistem yang Anda pilih. Beberapa sistem datang siap-to-go di dalam kotak dan mengambil hanya 5-10 menit untuk menginstal, yang lain harus dibangun dari awal.
Juga, perlu diingat bahwa sistem nirkabel biasanya portabel dan tidak memerlukan lebih dari outlet listrik dan beberapa perangkat lunak, sedangkan sistem kabel mengharuskan Anda untuk mengebor lubang dan kabel rute. Ambil ini menjadi pertimbangan saat memutuskan sistem CCTV untuk membeli.
Gambar tahu di mana posisi kamera di area yang ingin Anda monitor, berdasarkan pada apa yang Anda ingin melihat dan fitur khusus kamera (panjang focal, pan / tilt / zoom kemampuan, dll).

Aplikasi CCTV dengan Internet

Sama seperti Internet telah merevolusi cara orang berbagi informasi, jaringan data adalah mengubah biaya dan kenyamanan memberikan video untuk aplikasi CCTV mulai dari keamanan, pemantauan, visi medis dan mesin untuk konferensi video dan atraksi web disebut.
Aplikasi CCTV dengan IP (internet protocol) sebagai bahasa asli dari Internet, hal ini menjadi lebih mudah, lebih fleksibel dan biaya efektif dari sebelumnya bagi bisnis untuk survei, memantau dan bertindak atas gambar video dari setiap lokasi, namun jauh. Dengan memasukkan fungsionalitas IP dalam sebuah perangkat seperti kamera video atau server video, perusahaan seperti Sony dan AXIS menciptakan generasi baru produk yang dapat dihubungkan ke jaringan komputer, internet, atau intranet perusahaan. Pemantauan dan pengelolaan perangkat video jaringan sehingga dapat dicapai dengan mudah melalui browser PC dan web, menghilangkan kebutuhan untuk beralih berdedikasi dan hardware video monitor. Selain itu dengan menggunakan Teknologi Nirkabel bahkan menyingkirkan kebutuhan untuk kabel.
Berikut adalah beberapa fungsi CCTV yang dipadukan dengan internet. Manfaat untuk Pengguna:
* Integrasi ke jaringan yang ada
* Real-time komunikasi
* Rendah pemeliharaan transmisi digital dan pengarsipan
* Beberapa fungsi dengan biaya rendah
* Meningkatkan keamanan properti swasta atau publik di mana saja dan kapan saja
* Manajemen Mudah gambar
* Akses ke sumber video beberapa
* Built-in mendeteksi gerakan dan penanganan alarm canggih
* Konfigurasi otomatis dari peristiwa alarm melalui video langsung stream ke perpustakaan gambar terpencil dan mengirim pesan e-mail, atau SMS ke staf darurat.

Pengawasan
Penggabungan saat analog dan dunia digital secara nyata terjadi dalam aplikasi CCTV di mana sistem yang ada perlu mengintegrasikan lingkungan TI, sehingga memperkaya aplikasi CCTV yang ada (closed-circuit television) sistem dengan fungsi CCTV yang baru dan lebih fleksibel dengan biaya yang lebih rendah. kamera video IP dan solusi server yang ideal untuk video berkualitas tinggi berbagi stream melalui jaringan komputer yang ada. kamera video IP yang terintegrasi dalam sistem keamanan di mana CCTV kamera video tradisional sudah digunakan. Video dapat dipantau dan dikendalikan melalui web browser standar atau perangkat lunak aplikasi khusus. Video server membentuk hubungan antara pasar CCTV tradisional dan pasar IP.

Aplikasi CCTV untuk daerah
* Keamanan: pengawasan taman mobil, lobi hotel, bangunan gedung, bangunan, tempat umum dll
* Industri: surveilans saham, mobil taman, gudang, resepsi dll
* Data Center: surveilans peralatan jaringan, kontrol akses untuk staf dll
* Properti Swasta: surveilans rumah, yacht, garasi dll

Daya tarik sebuah situs web dapat lebih meningkat kualitas aplikasi CCTV video yang akan menangkap mata dan meningkatkan imajinasi. Posting gambar real-time pada jaringan (sangat sering internet) adalah apa yang membuat aplikasi web sehingga atraksi populer hari ini. Menghubungkan secara langsung ke jaringan komputer Anda, kamera bisa digunakan untuk transmisi gambar hidup untuk seluruh komunitas Internet.
Contoh fungsi CCTV lainnya:
* Pariwisata: ski resort, hotel, resor liburan, monumen, pusat kota, kebun binatang, taman tema dll
* Acara: konser, kegiatan olah raga dll
* Informasi Umum: kondisi cuaca, pameran, tingkat lalu lintas jalan dll
* Menjadi dapat melihat tempat proses pengambilan dalam lingkungan profesional Anda: (pabrik, pekerjaan konstruksi, dll) saat bekerja dari rumah atau di meja Anda di kantor dapat menghemat waktu dan uang. Sebuah kamera jaringan atau server video melalui-melihat proses tertentu memungkinkan gambar video yang akan dikirim dan tersedia untuk beberapa pengguna melalui jaringan lokal, atau oleh komunitas Intranet perusahaan Anda, setiap saat dan dari lokasi manapun.
* Monitoring: pekerjaan konstruksi, jalur produksi, proses industri, pembibitan, perawatan anak, kondisi binatang (hewan, kebun binatang), antrian di kasir di pasar super lokal, dll

 

Cara Setting CCTV Online

Kita bisa mengawasi properti lewat Internet. Ikuti langkah setting CCTV online berikut ini. Anda bisa melihat CCTV lewat Internet dari mana pun dan kapanpun.
Ketika internet pertama Anda menginstal kamera CCTV, Anda akan mampu mengikuti petunjuk instalasi kamera dan segera akan melihat gambar kamera pada komputer yang terhubung ke router yang sama seperti kamera. Bagian yang menyenangkan adalah mencoba untuk mengakses kamera dari luar jaringan lokal, di internet, dan yang mana port forwarding masuk Artikel ini menjelaskan cara setting CCTV online.
Setelah Anda memiliki kamera CCTV internet Anda di tangan, langkah pertama adalah untuk setting CCTV online, kecuali jika Anda telah membeli kamera sepenuhnya dikonfigurasi dari pemasok spesialis. Sangat segera Anda akan dapat melihat gambar kamera pada PC atau laptop. Dari proses konfigurasi Anda akan belajar nomor port internal kamera Anda, dan perusahaan LAN alamat IP (alamat IP pada jaringan lokal Anda). Sebagai contoh, alamat IP LAN bisa menjadi sesuatu seperti 192.168.1.101 dan internal port kamera nomor, mengatakan, 80. Jika kamera CCTV internet nirkabel, Anda kemudian akan pergi ke tombol pengaturan nirkabel ke kamera dan mencapai saat itu ketika Anda mencabut kamera dari router, dan seperti sulap, masih melihat gambar bergerak!
Pada tahap ini, kamera Anda hanya dapat diakses dalam jaringan lokal Anda, di gedung yang sama. Keindahan nyata dari CCTV lewat internet adalah bahwa Anda dapat melihat properti anda dari mana saja di dunia, tetapi seperti berdiri, jika anda key alamat dari kamera ke web browser pada komputer di tempat lain, firewall router akan memblokir permintaan masuk dan Anda akan mendapatkan “halaman tidak ditemukan” pesan. Port forwarding, kadang-kadang dikenal sebagai server virtual, adalah cara untuk meminta router untuk mengirim dan seterusnya permintaan yang masuk ke kamera, bukan menghalangi itu.


Saat setting CCTV online Pada PC Anda, Anda perlu membuka halaman administrasi router anda untuk mengatur port forwarding. Carilah menu yang disebut sesuatu seperti “port forwarding”, “pemetaan port”, “tabel routing”, “tabel layanan” atau “virtual server”, biasanya di bagian firewall. Di sini Anda biasanya akan menemukan sebuah meja dengan sesuatu seperti item berikut yang Anda akan perlu untuk memasukkan:
* Alamat IP LAN (kamera LAN atau. Local Area Network berarti jaringan rumah Anda.)
* Incoming port WAN Nomor (Area Network WAN atau Wide berarti internet)
* Tujuan LAN Jumlah Pelabuhan (kamera)

Alamat IP LAN adalah alamat IP lokal kamera yang akan Anda telah memilih saat setting CCTV online nya, misalnya 192.168.1.101. Nomor port tujuan adalah nomor port internal kamera, salah satu nomor Anda telah memilih atau default-nya yang sering 80. Nomor port WAN yang masuk adalah nomor port yang akan Anda gunakan untuk mengakses kamera melalui internet. Anda hanya dapat memilih nomor port tertentu – sesuatu yang hanya di atas 8000 aman, katakanlah 8150. Dalam beberapa router, tidak ada pilihan untuk mengatur port tujuan, dalam hal ini port internal kamera harus sama dengan port WAN. Dalam contoh kita ini akan berarti mengubah konfigurasi kamera sehingga port adalah 8150 untuk mencocokkan port WAN sebagai ganti dari default 80. Setelah Anda mengetik rincian ke router, Anda akan perlu mengetahui alamat IP WAN atau internet Anda. Anda akan menemukan ini di status atau layar DSL dalam halaman administrasi router anda. Saya akan berasumsi untuk artikel ini bahwa alamat IP statis (tidak berubah dari waktu ke waktu). Hati-hati untuk mencari alamat IP internet dan bukan satu lokal yang dimulai 192,168.
Setelah bekerja melalui proses ini Anda akan dapat mengakses kamera CCTV lewat internet. Jika misalnya internet alamat IP jaringan Anda adalah 91.103.218.59, Anda akan kunci alamat http:// 91.103.218.59:8150 ke address bar browser Anda. Setelah log in, seolah-olah dengan sihir Anda akan dapat melihat properti Anda atau keluarga dari mana pun Anda berada.
.gambar perancangan cctv

Perancangan cctv dengan internet

Pemasangan cctv dengan penangkal petir

Perancangan cctv sederhana

 

Jasa Pemasangan CCTV

Jika Anda berencana memasang CCTV di rumah atau kantor, hubungi saja jasa pemasangan CCTV. Banyak paket menarik yang ditawarkan termasuk layanan pemeliharaan. Massa sistem pengawasan CCTV kamera video keamanan sekarang efektif digunakan di kota Sydney dalam rangka untuk menjamin keamanan dari kehidupan kota. Anda dapat melihat kamera pengintai massal di semua tempat-tempat utama seperti stasiun kereta api dan tempat-tempat lain seperti taman dan bank dengan lalu lintas manusia yang berat. Tempat lain di mana Anda dapat melihat kamera pengintai massa termasuk China Town, Circular Quay, Bellmore Park, dan George Street Bioskop dll.
Sejumlah perusahaan seperti Instalasi SSE, Quatrix, Seseco dan INSETEC menyediakan jasa pemasangan CCTV di Sydney. Perusahaan-perusahaan ini melakukan semua tanggung jawab yang berhubungan dengan instalasi kamera keamanan.
Instalasi sistem keamanan CCTV untuk tujuan massal pengawasan dan besar lainnya tujuan komersial skala membutuhkan banyak keahlian. Kami menyewa jasa pasang CCTV karena hal ini tidak mungkin untuk menginstal sistem pengawasan CCTV oleh orang tanpa keahlian dalam proses instalasi sistem. Itu selalu lebih baik untuk memanfaatkan jasa pasang CCTV dari perusahaan yang terlibat dalam bisnis CCTV untuk menginstal sistem untuk Anda. Perusahaan yang menyediakan layanan kontrak masa depan akan membantu Anda untuk menghindari masalah yang mungkin timbul dari masalah peralatan.
Kebanyakan penyedia jasa pemasangan CCTV akan menawarkan klien mereka kontrak pemeliharaan CCTV. Ini akan mencakup kontrak pemeliharaan periodik peralatan inspeksi dan pembersihan menyeluruh peralatan. Sama seperti mobil memerlukan pemeliharaan preventif periodik sehingga tidak sistem CCTV. Kontrak maintenance CCTV juga akan memberikan penggantian tanpa biaya / rendah setiap komponen dalam sistem yang gagal.
Memilih kontrak pemeliharaan CCTV adalah aset berharga bagi pemilik sistem CCTV. Biaya kontrak pemeliharaan sering jauh lebih kecil dari biaya penggantian komponen yang gagal. Dengan kontrak pemeliharaan CCTV di tempat pemilik dari sistem CCTV dapat tertentu yang tidak hanya peralatannya dipertahankan tetapi biaya penggantian komponen yang gagal adalah minimal.
Memang cctv sebenarnya mudah, Anda hanya harus membeli perlengkapan cctv di toko cctv online ini.
Sumber data
http://makassarcctv.wordpress.com/artikel/

2 komentar: